Membuat Table dengan fungsi PHP dengan Mudah

Setelah kita mempelajari tentang dasar-dasar php. Sekarang kita akan membuat sebuah program sederhana dengan memanfaatkan fungsi menggunakan php. Program yang akan kita buat adalah program pembuat table.

Program ini berisi fungsi untuk menggenerate table, dimana fungsi ini memiliki 2 argumen untuk baris dan kolom. Misalkan kita mengisikan argumen 5 (baris) dan 6 (kolom). Maka program akan menampilkan tabel dengan 5 baris dan 6 kolom.

Pertama-tama kita buat logika dari fungsi tersebut. Secara logika, jika kita beri masukan di argumen baris, maka program akan membuat baris sesuai dengan masukan tersebut. Begitu juga dengan pembuatan kolom. Maka, cara yang paling tepat adalah menggunakan perulangan.

Langakah selanjutnya kita implementasikan logika perulangan menjadi sebuah fungsi. Perulangan yang kita gunakan adalah “for”. Sintaks fungsi secara lengkap :


function BuatTabel($baris, $kolom) 
{

print(" "); 

 

for($b = 0; $b < $baris; $b++) {

print("

"); 

 

for($k = 0; $k < $kolom; $k++) { 
print("

"); 

print(" "); 

print(" "); 
}

Kita amati program diatas, fungsi BuatTabel memiliki 2 argumen yang berisi variabel baris dan kolom.

perulangan pertama untuk membuat baris, perulangan kedua untuk membuat kolom berada di dalam perulangan pertama. Perulangan for seperti ini disebut “nested for”.

Setelah kita membuat fungsi BuatTable, langkah selanjutanya adalah memanggil fungsi tersebut dan mengisikan argumen fungsi sesuai dengan keinginan kita. Misalkan kita ingin membuat tabel 5 baris dan enam kolom. Maka sintaks untuk pemanggilan fungsinya adalah : “BuatTabel(5,6);”

Ingat, pe manggilan fungsi berada dalam area kode php. Nah, sekarang kita telah membuat program sederhana untuk membuat tabel secara otomatis… 

Penutup

Sekian artikel pada kesempatan kali ini yang membahas tentang Membuat Table dengan fungsi PHP dengan Mudah, Apabila ada pertanyaan silahkan berkomentar dibawah ini

.